Thursday, May 13, 2010

motivasi untuk kita dari 3 idiots

Hari ini saya sedikit bercerita tentang film yang baru saja saya lihat, dalam film ini saya telah mendapatkan banyak sekali pelajaran yang sangat berharga. Film ini berjudul 3 idiot, ini adalah film produksi India walaupun ceritanya lucu tetapi dibalik itu banyak sekali pelajaran berharga yang dapat kita petik dari film ini.
Film ini menceritakan perjalanan hidup tiga orang sahabat (Farhan, Raju dan ) selama belajar di universitas yang bernama ICE yang mengalami banyak kejadian seru hingga mereka mencapai cita- cita mereka. Dalam film ini pertama diceritakan perjanijian tiga orang tersebut dengan mahasiswa lainnya. tentang kesuksesan yang dapat diraih dalam 10 tahun setelah mereka lulus dari kuliahnya.
Tetapi bukan itu yang akan saya ceritakan pada saat ini. Dikisahkan dalam film ini yaitu Farhan yang tidak berkeinginan untuk menjadi seorang insinyur dipaksa oleh orang tuanya untuk menjadi seorang insinyur seperti keinginan orang tuanya yang sebenarnya dia sangat berbakat dalam dunia potografi, Raju yang bersekolah disini karena ayahnya sakit keras, hampir meninggal dan satu yang membuat ayahnya tetap bertahan hidup yaitu ingin melihat anak nya menjadi seorang insinyur yang sukses. dan ranchu seorang yang sangat pandai dalam hal mekanika yang tidak diketahui asalnya, ketika diuniversitas dia sangat sering mendapat masaah dengan rektornya karena kepintarannya yag tidak sesuai dengan pemikiran sang rektor.
Pelajaran yang dapat kita peroleh antara lain:

  1. Dalam belajar kita tidak boleh hanya menghafal saja seperti yang ada dibuku tetapi kita juga harus memahaminya juga karena hasil yang akan kita dapatkan sangat berbeda. Dalam film ini Chathur yang hanya menghafal sesuatu untuk mendapatkan nilai yang baik, suatu ketika dia diberi tugas untuk berpidato didepan umum dengan bahasa india asli dan dia meminta tolong pada seorang pustakawan. Dan ketika teksnya diganti oleh Ranchu dengan kata kata yang lain diapun tidak tahu dan tetap saja membaca teks yang salah tersebut.dan tidak penting berapa nilai yang kita dapat tetapi yang terpenting adalah ilmu yang kita dapat dan akan berguna bagi kita nantinya.
  2. Kita tidak boleh menyerah akan suatu keadaan dan selalu berfikir positif, seperti yang dilakukan oleh Ranchu, dia selalu mengatakan "all izz well" / all is well (semuanya baik-baik saja). mengkin itu adalah hal yang sepele tetapi seperti yang dikatakan oleh Ranchu bahwa sebenarnya hati kita adalah pengecut tetapi apabila kita yakin semua akan berjalan baik pasti kita akan bisa menghadapi masalah atau rintangan tersebut.
  3. Teman akan selalu membantu kita. dalam hal ini diceritakan pada saat Raju sakit setelah lompat dari ruang sang rektor ketika dia di beri pilihan akan dikeluarkan atau ranchu yang dikeluarkan dari universitas. ketika itu dia lumpuh dan tidak bisa bergerak sedikit pun padahal akan ada wawancara perusahaan tetapi teman temannya selalu menghibur dan berjuang membantu Raju sembuh dengan berbagai cara.
Itu adalah sebagian kecil motivasi yang dapat kita peroleh dari film ini semoga tulisan saya tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa kritik dan sarannya yaaa...........


2 comments:

  1. einstein dan lainnya termasuk org2 gila yg maju sob hidup crazy..

    maksudnya blogger tamu ya pengunjung yg datang ke blog anda sob.

    ReplyDelete
  2. oalah gitu y sob...
    thanks infonya jgn lupa follow y!!!

    ReplyDelete